Tahukah sahabat? bahwasannya nabi berpesan, terdapat 3 amalan dengan pahala yang terus mengalir meski kita telah wafat. Amalan apakah itu?

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

  1. Sedekah jariyah
    adalah pemberian yang bermanfaat bagi siapapun yang menggunakannya. Misal, kita membantu dalam pembangunan sebuah masjid. Nah, selama masjid itu digunakan sebaik-baiknya maka kita akan mendapat pahala pada setiap orang yang menggunakan masjid tersebut.
  2. Ilmu yang bermanfaat
    Seseorang yang mengajarkan ilmu kepada orang lain kemudian diamalkan atau diajarkan lagi kepada orang lain maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya atau yang mengajarkannya sekalipun dia telah meninggal dunia.
  3. Anak sholeh
    Anak adalah penyambung amal saat orang tua sudah meninggal. Anak yang sholeh akan selalu mendoakan dan memohonkan ampunan untuk orang tuanya meski sudah tak lagi berada disisinya.

Dr H Abdul Majid Khon dalam bukunya “Hadis Tarbawi Hadis-Hadis Pendidikan”, menjelaskan Rasulullah SAW memberikan pelajaran tentang perlunya manusia mencari amal yang berkualitas, kekal dan bermanfaat baik selama di dunia maupun setelah meninggal dunia.

Kualitas amal itu tidak terputus pahalanya sekalipun dia telah meninggal dunia, selama amalnya masih dimanfaatkan oleh manusia.

Pahala yang Terus Mengalir
Pahala yang Terus Mengalir

Info kami di :
www.rumahharapan.org
Call Center : 0812 1099 3338

#rumahharapan #membukapintumasadepan #membuatsemuaceria #yatimceria #ayosedekah #jumatberkah #yatimhebat #90harimenujuramadhan #ramadhan1443H #ayozakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here